Pilihan perawatan jerawat yang efektif

Pilihan perawatan jerawat yang efektif

Jerawat adalah gangguan kulit paling umum yang biasanya menyerang populasi remaja terlebih dahulu. Dengan 70% remaja terkena penyakit kulit ini, ini dianggap sebagai salah satu penyakit yang paling mengancam, terutama selama masa transisi kehidupan remaja karena, meskipun mungkin tidak fatal, dapat menyebabkan masalah emosional yang serius bagi seseorang. diejek karena kulitnya yang tidak begitu jelas.

Komunitas medis untuk membantu mengatasi dilema kulit ini muncul dengan berbagai obat jerawat dan metode terapi. Formulasi berbagai obat dan solusi sedang dipelajari dengan cermat untuk akhirnya sampai pada pengobatan jerawat yang paling efektif. Tapi pertanyaannya adalah, obat mana yang benar-benar efektif untuk perawatan jerawat?

Berikut ini rangkuman berbagai perawatan jerawat yang diklaim berhasil mengatasi masalah jerawat tergantung jenis atau tingkat keparahan jerawatnya:

Jerawat ringan atau remaja. Jenis jerawat ini, juga dikenal sebagai bintik remaja, dapat diobati dengan obat topikal yang dijual bebas (OTC) yang tersedia di toko obat. Mereka dianggap yang paling mudah untuk diobati. Beberapa resep obat topikal juga merupakan perawatan jerawat yang efektif. Mereka termasuk antibiotik, benzoil peroksida, adapalen, dan tretinoin. Perawatan jerawat ini membantu menghentikan pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan. Tergantung pada jenis kulit seseorang, dokter akan meresepkan pengobatan jerawat yang tepat dan efektif. Misalnya, jika seseorang memiliki kulit berminyak, krim dan losion tidak akan direkomendasikan karena merupakan obat berbasis minyak. Gel dan larutan akan bekerja paling baik untuk kulit berminyak karena sering kali berbahan dasar alkohol dan cenderung mengeringkan kulit. Obat-obatan ini sering diuji sebelum orang benar-benar dapat menganggapnya sebagai perawatan jerawat yang efektif untuk masalah kulit mereka. Berdasarkan kasus per kasus, efek samping dari obat topikal dapat muncul. Efek samping ini dapat mencakup ruam, gatal, kemerahan, terbakar, mengelupas, dan perubahan warna.

👉 TRENDING  5 Tips Sederhana Untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat sedang hingga parah. Orang dengan kulit berminyak dan yang dulunya memiliki jerawat ringan (seringkali pada usia remaja atau awal 20-an) dapat memperburuk kondisi jerawat sedang. Tingkat keparahan sedang sering ditandai dengan munculnya lebih banyak whiteheads dan kemerahan di tempat yang terkena akibat pecahnya pembuluh darah. Jerawat parah adalah ketika jerawat sudah menyebar ke seluruh wajah, punggung, dan leher seseorang. Kondisi jerawat yang parah biasanya menghasilkan noda yang lebih besar. Jenis jerawat ini sering diobati dengan antibiotik oral. Oral berarti meminumnya melalui mulut. Perawatan jerawat yang efektif ini bekerja dengan memperlambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan. Untuk mengobati kondisi jerawat sedang hingga parah, kombinasi resep obat topikal dan obat jerawat oral dapat digabungkan. Beberapa obat topikal, seperti persiapan obat belerang, dianggap perawatan jerawat yang sangat efektif. Sulfur memiliki efek mengelupas pada kulit, melonggarkan dan menarik komedo keluar dari pori-pori. Sulfur, sebagai pengobatan jerawat yang efektif, tidak memiliki efek samping utama yang diketahui. Tapi tetap saja, selalu disarankan untuk mencoba obat apa pun sebelum menerapkan atau meminumnya. Contoh pengobatan jerawat yang efektif berupa antibiotik oral adalah tetrasiklin, minosiklin, isotretinoin, doksisiklin, dan eritromisin. Sebagian besar perawatan jerawat oral yang efektif ini berbahaya bagi kesehatan wanita hamil dan anaknya. Hanya eritromisin yang dilaporkan aman bagi mereka yang sedang hamil atau menyusui.