Beberapa Manfaat Peregangan Bagi Tubuh Anda

Beberapa Manfaat Peregangan Bagi Tubuh Anda

Tubuhnya fleksibel, akan dikatakan fleksibel apabila anda memiliki kemampuan untuk mengambil barang di lantai tanpa harus berjongkok, cukup dengan membungkukan badan. Anda pun bisa menjangkau resleting atau menggaruk punggung yang ada di bagian belakang anda. Bahkan anda bisa menjangkau buku yang jauh tersimpan di lemari paling atas.

Ini adalah kegiatan sederhana. Tidak ada yang hebat tentang mereka. Anda hanya berbaring sedikit. Namun, jika gerakan sederhana ini sulit, Anda harus melampaui batas. Anda sudah membutuhkan program peregangan.

Apa itu peregangan?

Peregangan hanyalah tindakan memperpanjang seluruh panjang atau bagian tubuh. Peregangan merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh bagian tbuh anda, mulai dari meluruskan kemudian meregangkan seluruh anggota badan atau struktur tubuh anda melalui berbagai gerakan.

Bagaimana Anda melakukan peregangan?

Peregangan cukup mudah. Seperti disebutkan dalam pendahuluan, ia terlibat dalam aktivitas normal. Siapapun dari segala usia bisa melakukannya.

Namun, tingkat peregangan dan tekukan berbeda. Seiring bertambahnya usia, otot-otot mereka mengencang. Minimalkan jangkauan gerakan sendi. Hal ini dapat mengganggu gaya hidup mobile. Itulah mengapa semakin tua Anda, semakin ketat Anda dalam membungkuk dan membungkuk. Inilah mengapa sangat penting untuk melakukan peregangan secara teratur sebagai bagian dari rutinitas Anda.

Peregangan sederhana bisa dilakukan setiap hari. Sama sekali tidak membutuhkan waktu yang banyak, anda dapat mempraktekan peregangan melalui kegiatan anda sehari-hari.

Latihan peregangan juga bisa dilakukan saat latihan. Kegiatan olah raga, apapun bentuknya sangat membutuhkan kegiatan pemanasan atau peregangan. Itu harus dilakukan sebelum hal lain. Meregangkan tubuh dan anggota tubuh Anda adalah persiapan yang baik untuk aktivitas yang lebih berat.

Sebagian besar atlet melakukan peregangan dalam posisi duduk di lantai, dengan kaki diposisikan lurus ke depan serta ujung jari menyentuh jari kaki. Tentu saja, hampir seluruh pelatih olah raga sebelum memulai pertandingan akan meminta para atlet/ pemain untuk melakukan peregangan atau dengan kata lain pemanasan secara serius dan tidak main-main.

👉 TRENDING  Beternak Lebah Madu

Sebenarnya, ada jangka waktu yang ideal untuk melakukan peregangan. Disarankan untuk melakukannya dalam waktu 10 menit. Peregangan ini akan mampu memberikan tubuh anda persiapan untuk melakukan pergerakan yang lebih intens lagi, karena otot-otot yang telah lentur akan siap untuk bekerja lebih keras.

Tetapi para ahli akan mengerutkan kening setelah lebih dari 10 menit. Peregangan selama lebih dari 30 menit latihan sudah akan melelahkan tubuh Anda. Ini tidak menguntungkan jika Anda sedang mempersiapkan permainan.

Apa manfaat peregangan?

1. Peningkatan jangkauan gerakan
Lakukanlah peregangan secara rutin tanpa terputus, hal ini dapat membantu membentuk otot dan tendon anda, sehingga anda bersiap untuk melakukan pekerjaan berat kapan pun dibutuhkan. Ini akan membantu meningkatkan jangkauan gerak Anda. Hal ini memungkinkan anggota badan dan persendian untuk bergerak jauh sebelum cedera terjadi. Anda pasti sehat secara fisik.

2. Tingkatkan kinerja keterampilan
Rentang gerak yang lebih luas memungkinkan Anda melakukan lebih banyak. Misalnya, ketika Anda mendarat kembali di lantai, Anda bisa melompat tinggi tanpa rasa sakit. Dengan melakukan peregangan secara rutin, apa lagi sebelum melakukan olah raga, anda dapat meningkatkan kualitas permainan olah raga anda. Peregangan di sisi ini dapat membantu Anda menjalani gaya hidup yang lebih aktif.

3. Pencegahan Cedera
Peregangan dapat membantu mencegah cedera pada persendian, tendon, dan otot Anda. Otot dan tendon dianggap bekerja dengan baik ketika mereka tertekuk dengan baik. Hal ini dapat membuat tubuh anda untuk dapat mencapai tingkat pemulihan lebih cepat, dan mampu mengurangi rasa sakit setelah berolahraga yang cukup keras. Dengan melakukan hal ini, otot-otot tubuh anda akan lebih terbiasa dan terlatih untuk selanjutnya dimungkinkan untuk melakukan kegiatan otot yang lebih berat lagi.

👉 TRENDING  Analisis Mendalam Kucing Siam

4. Mengurangi ketegangan otot
Olahraga teratur dan peregangan otot-otot Anda mengurangi peluang mereka untuk berkontraksi. Semua masalah otot dan rasa nyeri yang mereda akan tercapai.

5. Memberikan energi
Semakin banyak Anda bisa bergerak, semakin banyak energi yang Anda dapatkan. Peregangan juga akan membantu meningkatkan kesadaran, seperti mengetahui bahwa Anda memiliki tubuh yang dapat melakukan banyak hal. Jadi dorongan untuk bergerak akan lebih besar daripada duduk di pojok.

6. Pengurangan Kolesterol
Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan peregangan jangka panjang, seperti yoga, membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan pola makan yang sehat. Ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan aterosklerosis, mencegah penyakit arteri koroner.

Gabungkan peregangan ke dalam rutinitas harian Anda. Ada kelebihan yang tidak bisa dipungkiri. Juga, Anda tidak perlu banyak. Itu bisa menjadi aktivitas harian Anda. Sesekali membungkuk dan membungkuk. Bagaimanapun, kesehatan Anda adalah segalanya, jadi lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.