Perawatan untuk kulit keriput

Perawatan untuk kulit keriput

Dengan kemajuan dan kemajuan teknologi kesehatan dan kebugaran, ada banyak sekali pilihan perawatan untuk kerutan kulit.

Apakah topikal, kosmetik atau bedah, ada berbagai macam perawatan yang tersedia di pasaran, dari pengurangan sederhana kerutan hingga pemberantasan total kehadirannya, yang pada akhirnya memerlukan perawatan bedah.

Berikut adalah daftar perawatan kosmetik, baik medis maupun bedah, termasuk obat topikal dan krim yang tersedia di pasaran.

Asam vitamin A, juga dikenal sebagai tretinoin, dengan nama merek umum seperti Retin-A dan Renova, adalah salah satu bahan perawatan kerut yang paling umum.

Bahan ini, tersedia dengan resep dokter, memiliki rekam jejak keberhasilan terpanjang dalam merawat kulit yang menua dan menghilangkan garis-garis halus, terutama di area wajah.

Krim dan losion yang mengandung tretinoin harus digunakan secara konsisten dan rajin.

Gejala awal dapat menyebabkan kemerahan dan kulit bersisik, namun ketidaknyamanan akibat efek samping dapat dikurangi dengan menurunkan konsentrasi bahan dengan krim dasar dan mengoleskannya lebih jarang sampai kulit menyesuaikan.

Asam alfa-hidroksi, juga disebut “asam buah”, termasuk bahan aktif seperti asam glikolat dan laktat.

Persiapan medis yang mengandung asam buah ini adalah alternatif yang lebih aman dan menyebabkan iritasi kulit sedikit atau tidak sama sekali; namun, efeknya tidak begitu signifikan.

Antioksidan: Ini pada dasarnya adalah persiapan topikal yang mengandung vitamin seperti A, C, dan E, serta beta-karoten. Mereka biasanya dikombinasikan dengan perlindungan matahari dan memberikan perawatan lembut untuk kerutan halus.

Ada juga pelembap umum yang mengklaim dapat mengurangi kerutan, namun pelembap yang tidak mengandung bahan-bahan ini atau zat topikal hanya dapat menutupi atau menyembunyikan kerutan sementara dan hanya mengurangi munculnya garis-garis halus.

👉 TRENDING  Pilihan perawatan jerawat yang efektif

Ada juga prosedur kosmetik yang tersedia di pasaran, biasanya ditawarkan oleh ahli dermatologi atau dokter.

Glycolic Acid Peel – Meskipun bentuk perawatan ini melibatkan aplikasi langsung, peeling superfisial ini mungkin hanya memiliki efek kecil pada intensitas dan tingkat kerutan halus.

Deeper Peels – Proses pengelupasan kulit ini melibatkan penggunaan bahan kimia seperti asam salisilat dan asam trikloroasetat yang menembus lebih dalam ke dalam kulit.
Dipercaya bahwa semakin dalam perawatan menembus kulit, semakin efektif dalam menghaluskan garis-garis halus kerutan, namun, semakin dalam kulitnya, semakin besar risiko efek samping, termasuk perubahan kulit pigmen tahan lama. atau perubahan warna kulit dan jaringan parut.

Pengelupasan ini umumnya tidak memerlukan anestesi, namun, pasien dapat meminta sedasi ringan untuk membantu meringankan proses perawatan jangka pendek namun menyakitkan.

Mikrodermabrasi: Proses ini terutama terdiri dari “menggosok kulit” dengan mesin yang mengandung kristal silika atau aluminium yang digunakan untuk “mengamplas” kulit.

Layanan ini sering ditawarkan dalam paket enam sampai tujuh sesi perawatan dan tidak mengubah anatomi kulit atau umumnya memiliki efek kimia yang merugikan, tetapi mereka memastikan bahwa kulit terasa lebih halus.

Produk kosmetik over-the-counter yang dijual sebagai “mikrodermabrasi di rumah” hanya pengelupasan ringan dan umumnya tidak berbahaya, tetapi cenderung tidak menghasilkan perubahan kerutan yang signifikan, kadang-kadang nyaris tidak terlihat.

Dermabrasi – Ini adalah proses pembedahan sebenarnya yang biasanya dilakukan oleh dokter, sebagian besar ahli bedah plastik atau dokter kulit berlisensi, dengan anestesi umum.

Perawatan bedah ini melibatkan tangan terampil dan keterampilan dokter yang merawat, menggunakan alat yang berputar untuk mengampelas kulit.

Dermabrasi dapat memberikan hasil yang sangat baik, namun melibatkan risiko yang lebih tinggi dalam prosesnya, karena dapat menghasilkan efek samping yang signifikan seperti jaringan parut dan perubahan permanen pada warna kulit.

👉 TRENDING  Berikut Adalah Beberapa Tips Perawatan Kulit Dasar

Dengan banyaknya perawatan untuk kerutan kulit, orang sekarang memiliki beberapa pilihan untuk memilih yang mana jika mereka memutuskan untuk memilih perawatan yang tepat yang cocok untuk mereka.