Berbagai Jenis Tepung dan Kegunaannya

Berbagai Jenis Tepung dan Kegunaannya

Biji-bijian gandum atau buah gandum dapat diproses dengan berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis tepung. Setiap variasi tepung terigu memiliki keunikan tersendiri saat dimasak, sehingga cocok untuk jenis produk bakery tertentu. Berikut adalah daftar singkat varietas tepung umum yang akan Anda temukan di toko bahan makanan.

Tepung serbaguna

Selama proses penggilingan, biji gandum atau buah gandum dipecah menjadi tiga komponen: dedak, endosperma dan kuman. Kulit atau dedak terluar dibuang dan kuman juga dibuang. Endosperma yang tersisa ditumbuk halus dengan gandum serba guna.

Gandum serba guna terbuat dari gandum keras atau kombinasi gandum keras dan lunak. Gandum keras memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada gandum lunak. Secara umum, gandum keras digunakan untuk membuat roti karena rasa manisnya yang kuat dan teksturnya yang keras. Gandum lunak, di sisi lain, terutama digunakan untuk membuat kue, kue kering, dan produk roti lainnya yang membutuhkan tekstur lembut dan halus.

Fleksibilitas dibagi lagi menjadi tiga kategori: terkonsentrasi, dikelantang dan tidak dikelantang. Jenis all-round yang diperkaya adalah tepung yang diperkaya dengan beberapa nutrisi agar lebih menyerupai profil nutrisi gandum utuh. Pemutihan serba guna, seperti namanya, memutihkan warna tepung terigu dengan memutihkannya dengan klorin. Yang tidak dikelantang tidak diputihkan secara kimia, tetapi diputihkan secara alami saat terkena oksigen selama penuaan.

Tepung untuk Roti

Ini adalah endosperma halus dari biji gandum merah keras, varietas gandum keras. Ini khusus diproduksi untuk pembuat roti komersial. Kandungan gluten yang melekat membuatnya cocok untuk membuat roti ragi. Itu dijual dikelantang atau tidak dikelantang dan biasanya kaya akan vitamin dan mineral.

Tepung Dengan Pengembang

👉 TRENDING  Lemari Untuk Kamar Mandi

Ini adalah jenis khusus gandum serba guna dengan tambahan garam dan baking powder sebagai bahan pengembang. Setiap cangkir penggilingan yang naik sendiri memiliki 1½ sendok teh baking powder dan sendok teh garam.

Tepung Kue

Jenis kue digiling dengan gilingan lunak dan paling baik untuk membuat kue, kue kering, kerupuk, dan kue kering. Kandungan gluten dan protein yang rendah dari tepung kue menghasilkan produk jadi yang halus dan lembut.

Tepung Pastry

Tepung kue sangat mirip dengan tepung kue, hanya saja kandungan patinya lebih rendah. Kandungan protein tepung pastry sebanding dengan tepung kue, dan juga digiling dari gandum lunak.

Semolina

Tepung semolina, yang biasa digunakan untuk membuat produk pasta dan couscous, dibuat dari endosperm gandum durum yang digiling kasar. Tepung ini tinggi protein dan biasanya digunakan untuk membuat spaghetti, lasagna, dan kulit pizza.

Tepung Durum

Campuran durum adalah produk sampingan dari pembuatan semolina (jangan dikelirukan dengan Salmonella). Mereka biasanya diubah menjadi pasta, roti khusus, dan mie untuk didaur ulang.

Tepung Gandum Whole Wheat

Varietas gandum utuh, juga dikenal sebagai tepung graham, adalah varietas paling sehat karena semua bagian gandum ada, termasuk dedak, kuman, dan endosperma. Ini memiliki tekstur kasar karena dedak. Ini juga menghasilkan makanan panggang yang lebih berat, lebih padat, warnanya lebih gelap, teksturnya lebih kenyal, dan rasanya lebih kaya. Tepung gandum utuh kaya akan serat, vitamin E, vitamin B, mineral, asam lemak esensial dan pitosterol. Satu-satunya downside ke tepung gandum adalah bahwa hal itu dapat merusak dengan sangat cepat.

Tepung Farina

Farina adalah endosperma kasar dari gandum keras dan terutama digunakan untuk membuat sereal sarapan.

👉 TRENDING  cincin berlian untuk pria?