Roti Gandum Utuh atau Roti Multigrain: Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan?

Roti Gandum Utuh atau Roti Multigrain: Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan?

Jika biasanya Anda berbelanja roti di minimarket, roti multigrain biasanya lebih cepat habis dibandingkan roti tawar. Mungkin, Anda mungkin bersyukur karena Anda menganggap bahwa banyak orang sekarang lebih sadar akan kesehatannya, sehingga lebih memilih roti multigrain daripada roti putih. Roti multigrain terbuat dari dua jenis biji-bijian yang berbeda atau lebih, seperti barley, oat, dan gandum. Biji-bijian utuh juga dapat dimasukkan dan dicampur dengan jenis biji-bijian lainnya. Roti multigrain ini juga memiliki serat, vitamin B6, vitamin E, magnesium dan nutrisi penting lainnya. Tidak peduli berapa banyak jenis biji-bijian yang dimasukkan dan dicampur dalam roti multigrain biasa, roti akan kehilangan nutrisi jika biji-bijian dimurnikan.

Untuk membangun otot dan menurunkan berat badan, roti gandum adalah makanan yang paling tepat untuk dipilih. Roti multigrain mungkin enak dan menarik. Selama roti multigrain dibuat atau dicampur dengan biji-bijian utuh, maka akan memiliki nilai gizi yang sama.

Jika Anda membutuhkan sarapan yang sehat untuk menjalani hari yang penuh energi, roti akan menjadi pilihan yang baik. Roti panggang atau sandwich adalah makanan terpenting saat sarapan. Tapi, untuk memilih roti mana yang lebih sehat dan memiliki banyak manfaat untuk jantung dan tubuh Anda, dan harus digunakan untuk membuat makanan seperti itu, agak sulit. Beberapa ahli akan menyarankan Anda untuk memilih roti gandum utuh, yang lebih sehat untuk Anda, daripada roti multigrain. Mereka juga merekomendasikan bahwa orang, terutama orang dewasa, harus makan lebih dari 3 kali makan dengan roti gandum dalam sehari daripada roti multigrain.

Seperti yang Anda ketahui bahwa biji-bijian membutuhkan banyak waktu untuk diserap oleh tubuh. Melakukan diet dengan makan roti gandum akan mengurangi risiko diabetes dan juga penyakit jantung. Roti multigrain tanpa gandum utuh, akan diserap oleh tubuh lebih cepat dan dapat meningkatkan kadar insulin. Kadar insulin akan naik perlahan jika penyerapan makanan lambat.

👉 TRENDING  5 Tips Sederhana Untuk Membangkikan Semangat Anda

Melalui latihan, Anda membutuhkan banyak energi. Roti multigrain kaya akan karbohidrat, yang membutuhkan waktu untuk diproses dan berubah lebih cepat menjadi glukosa, jika dibuat dan dicampur dengan gandum utuh. Sepotong roti gandum biasa dapat memberikan energi bagi tubuh Anda, bahkan harus melalui latihan yang paling berat sekalipun.

Roti multigrain dihasilkan dari berbagai jenis biji-bijian, seperti barley, gandum dan oat. Jika roti multigrain Anda juga diproduksi dari gandum utuh, mungkin itu terbuat dari tepung halus, dan itu akan kehilangan nutrisi berharga dalam kuman dan dedak. Karena proses pemurnian, nutrisi utama mungkin hilang. Alih-alih roti multigrain, roti gandum utuh dibuat dari semua bagian gandum, seperti endosperma, kuman dan dedak. Benih dan bekatul memiliki banyak nutrisi, juga mengandung Kalsium, Seng, Besi, Serat Makanan, Cooper, Fosfor, Vitamin B1, B2, B3, Asam Folat dan Vitamin E.

Ingat, semakin lambat makanan dicerna, semakin lama energi yang dihasilkan dalam tubuh Anda. Itu membuat kesimpulan bahwa roti gandum lebih baik daripada roti multigrain. Karena kepang multigrain terbuat dari tepung halus, yang akan meningkatkan kadar insulin dan lebih cepat dicerna.